Da Words of My Jesus


Kerinduan Yesus – Yoh 16:12 (John 16:12)
Desember 3, 2008, 1:31 am
Filed under: Articles | Tag:

KERINDUAN YESUS

(YOH 16:12)

Yoh 16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

Inilah kerinduan Yesus bagi kita – Ia ingin berbagi rahasia surga kepada kita, Ia ingin kita mendapatkan berkat dan menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita. Akan tetapi, apakah kita sudah siap menerima rahasia Ilahi?

Adalah penting bagi kita untuk bertumbuh di dalam iman. Iman yang bertumbuh adalah iman yang sehat, jika iman kita tidak bertumbuh – artinya kita dalam masalah yang serius. Karena setiap hal yang hidup di muka bumi ini harus bertumbuh, begitu pula dengan iman kita.

1 Pet 2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

Ayat ini merupakan bagian dari surat oleh Petrus yang ditujukan kepada orang-orang Kristen di bagian utara dari Asia Kecil (sekarang merupakan bagian dari Negara Turki) yang sedang tertindas oleh karena iman mereka. Jadi, tujuan surat 1 Petrus ini dan ayat-ayat di dalamnya adalah untuk menguatkan kita dan mengajar kita menjalani hidup dan memiliki harapan akan masa depan kita.

Mari kita pelajari 1 Pet 2:2 ini.

Jadilah sama seperti bayi yang baru lahir artinya kita harus lahir baru terlebih dahulu sebelum kita dapat bertumbuh dalam iman. Lahir baru adalah lahir melalui baptisan air dan baptisan Roh (Yoh 3:5). Kedua hal ini harus dialami oleh kita yang mengaku sebagai anak Allah.

Yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani artinya kita selalu ingin dipuaskan oleh firman Tuhan yang murni dan yang sesuai dengan ajaran Yesus – bukan yang sudah dimodifikasi atau dibelokkan dari kebenarannya. Firman itu kita dapatkan dari bersekutu dalam hadirat Tuhan, ketika kita membaca renungan harian, membaca Alkitab dan seperti saat kita ikut persekutuan doa, ibadah Pendalaman Alkitab, ibadah hari Minggu dan dari berbagai macam persekutuan.

Tujuan dari lahir baru dan dikenyangkan oleh firman Tuhan ialah “supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan” – supaya kita bertumbuh dalam iman dan tujuan utamanya adalah untuk beroleh keselamatan. Dengan firman Tuhan, iman kita mampu bertumbuh ke arah untuk beroleh keselamatan.

Kerinduan lain dari Yesus, Penebus kita yang hidup

Yoh 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Bukankah kita harusnya merasa bangga, bahwa Bapa di surga melalui Yesus ingin menjadi sahabat kita. Ia rindu mengangkat kita menjadi lebih dari sekedar hamba. Hamba adalah sosok yang dianggap belum bisa mengerti maksud dari tuannya dan kalau belum bisa mengerti, secara otomatis ga bisa dibagi rahasia tuannya. Kalau kita adalah sahabat Allah, tentu kita pasti sudah dipercaya lebih dari seorang hamba. Kita memiliki tingkat pengetahuan yang lebih tinggi dari seorang hamba, pengetahuan yang datangnya dari iman kita yang bertumbuh di dalam Yesus. Karena kita telah bertumbuh dan mampu memahami maksud Allah, di saat itulah kita dapat dipercaya untuk menerima rahasia Ilahi.

Bagaimanakah cara Allah memberitahukan kepada kita rahasia-Nya?

Dituliskan pada Yoh 15:15 – karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Artinya –

Yoh 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Allah akan berbagi kepada kita melalui Roh Kebenaran, yaitu Roh Kudus. Dengan tuntunan Roh Kudus kita akan berjalan dalam kebenaran. Dan dituliskan dengan jelas bahwa Roh Kudus tidak akan berkata-kata dari Roh Kudus sendiri, tetapi segala sesuatu yang Roh Kudus dengar dari Bapa dan pada kalimat akhir dari Yoh 16:13 adalah Ia akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Dengan menjadi Sahabat Allah – kita diberikan Roh Kudus sebagai perantara antara Bapa dengan kita. Oleh Bapa kita diberitahukan hal-hal yang akan datang, hal-hal yang akan terjadi yang sudah direncanakan bagi kita. Hal-hal yang akan datang itu bisa saja besok, bulan depan, tahun depan, bahkan lima menit dari sekarang. Kesimpulannya, Roh Kudus akan menuntun kemana kita melangkah dalam tiap saat hidup kita. Melalui Roh Kudus – Yesus menuntun kita, memastikan kita tetap pada jalan-Nya.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi Sahabat Yesus?

Yoh 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Dan dari begitu banyak perintah yang disampaikan Bapa melalui Yesus, inilah salah satu perintah Tuhan kepada kita.

Yoh 15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

Yang harus kita renungkan saat ini

–         Sudahkah kita berbuat apa yang diperintahkan oleh Yesus?

–         Sudahkah kita mengasihi orang-orang di sekeliling kita?

–         Sudah bertumbuhkah iman kita?

–         Sudah setiakah kita dalam jalan-Nya?

Marilah kita bawa dalam doa kita masing-masing di dalam nama Yesus, Sang Penebus yang Hidup. Agar kita dituntun sesuai dengan kehendak-Nya

Tuhan Yesus memberkati…


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: