Da Words of My Jesus


Ketaatan Melalui Meditasi | Yosua 1:7-9
Maret 25, 2009, 6:54 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

25 Maret 2009, Rabu

Bagi orang percaya, menaati Tuhan dengan merenungkan Kitab Suci setiap hari itu sangat penting. Sayang, banyak orang Kristen mencoba hidup dalam kehendak Allah dengan membuka Alkitab hanya ketika di gereja. Tindakan ini sama saja seperti bermain di pertandingan basket tanpa mengikuti latihan. Hasilnya, banyak kesalahan dan kekecewaan.

Tujuan meditasi atau merenungkan Alkitab adalah untuk mengenali sifat-sifat Allah yang sesungguhnya, dan mengajar orang percaya tentang prinsip-prinsip dan perintah-perintah-Nya. Semua ini memperlengkapi kita dalam mengambil keputusan-keputusan yang berkenan kepada-Nya. Saya pernah tidak membaca Firman Tuhan selama seminggu, untuk mengetahui bagaimana rasanya orang percaya yang tidak bermeditasi. Dalam waktu tidak begitu lama, saya merasa `tumpul’. Pikiran saya kacau. Sikap saya terganggu, dan hati mulai terasa dingin terhadap Allah. Meditasi setiap hari membuat kita tetap terarah pada Allah.

Mempelajari tentang Tuhan saja tidak banyak berguna jika semua pengetahuan hanya tertinggal di kepala. Meditasi merupakan cara untuk mendorong orang percaya menerapkan prinsip-prinsip yang baik di tengah dunia. Latihan merenungkan Kitab Suci ini meliputi membaca satu bagian Alkitab dan kemudian menanyakan pada diri kita sendiri, apa yang sedang Allah kerjakan atau ajarkan melalui ayat-ayat ini? Bagaimana hubungan perintah-Nya dengan diri dan kehidupanku? Bagaimana aku menerapkan ayat ini pada hari ini?

Dengan menggunakan analogi pertandingan basket, kita bisa menganggap Alkitab sebagai buku pedoman permainan kita dalam kehidupan Kristen yang berhasil. Kita tentu tidak mau menjadi anggota tim yang tidak siap. Jika kita hendak menaati kehendak Tuhan dan berkenan kepada-Nya, kita harus membaca dan merenungkan firman-Nya secara teratur.

www.SentuhanHati.com

Ayat Bacaan:

Yosua 1:7-9
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: