Da Words of My Jesus


Menjalani Kesatuan Kita Di Dalam Kristus | Efesus 4:4-6
April 29, 2009, 7:21 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

29 April 2009, Rabu

Yesus tahu pentingnya keharmonian antara kehidupan gerejawi dengan kehidupan orang percaya secara pribadi. Dalam salah satu doaNya yang tercatat, Ia meminta sebanyak tiga kali kepada Bapa bagi persatuan diantara orang Kristen (Yohanes 17:11, 21-22).

Dalam bacaan hari ini, Paulus mengajarkan bahwa ada beberapa aspek bagi kesatuan kita sebagai orang-orang percaya:

• Satu tubuh. Allah mengambil manusia ke dalam keluargaNya tanpa pandang ras, jenis kelamin maupun denominasi. Iman kepada Yesus Kristus, itulah yang penting. Segala yang memecah belah keberadaan manusia merupakan hal yang tidak penting (Galatia 3:28).

• Satu Roh. Semua orang Kristen didiami oleh Roh Kudus. Kita tampak berbeda dari luar, namun sebagai orang percaya, kita semua memiliki Allah Tritunggal di dalam kita yang memberikan kuasa dan menuntun kita.

• Satu Pengharapan. Sebagai orang percaya, kita berbagi dalam pengharapan yang sama, yaitu kembalinya Sang Mesias dan kehidupan masa depan di surga bersamaNya.

• Satu Tuhan. Ketuhanan Yesus memerintah atas semua orang. Kita harus mengakui dan tunduk kepada otoritasNya atas semua aspek kehidupan kita.

• Satu Iman. Orang percaya dipersatukan dalam satu iman, yang berlandaskan beberapa kebenaran mendasar: Yesus adalah Allah yang berinkarnasi; dilahirkan oleh perawan, Ia menjalani hidup tanpa dosa, mati menggantikan tempat kita, bangkit dari kematian, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Bapa. Pendamaian dengan Allah hanya dapat terjadi melalui iman kepada karya penyelamatan Kristus. Tak satu pun yang dapat kita lakukan untuk memperoleh keselamatan kita sendiri.

Dengan melihat apa yang menjadi kesamaan kita, maka akan semakin mudah bagi kita untuk mengabaikan perbedaan. Dengan melihat kesatuan kita, orang lain akan siap untuk mendengarkan kabar baik. Kabar bahwa Allah menyediakan satu jalan untuk berdamai denganNya.

-Sentuhan Hati-

Efesus 4:4-6
4:4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: