Da Words of My Jesus


Jembatan Kita Kepada Allah | Yohanes 14:1-6
Mei 5, 2009, 5:30 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

05 Mei 2009, Selasa

Dalam Yohanes 14:6, Tuhan memberikan suatu pernyataan yang tegas. Dengan jelas, Yesus berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Manusia telah menentang pernyataan itu selama 2000 tahun. Beberapa orang berkata bahwa Tuhan tidak bermaksud mengartikannya secara harafiah. Yang lain menolak otoritasNya membuat pernyataan itu. Namun demikian, sebagai orang yang percaya kepada ke-Tuhan-an Yesus Kristus, kita harus menerima apa yang Dia katakan sebagai suatu kebenaran. Jadi, mari kita renungkan sejenak tentang ayat ini.

Saat Yesus mengatakan bahwa diriNya adalah “jalan”, banyak orang membayangkan sebagai jalan satu arah. Mereka mengatakan begitu karena mereka yakin ada banyak jalan, tetapi hanya Dia yang menuntun kepada Bapa. Itu memang gambaran yang baik, tetapi rasanya saya bisa menggambarkannya dengan lebih baik.

Saya ingin kita menganggap Yesus bukan sebagai suatu jalan, melainkan sebagai suatu jembatan. Jembatan kita kepada Allah. Pikirkan peringatan rasul Paulus dalam Roma 3:23: “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah”. Perkataan ini menggambarkan adanya jurang yang besar antara kita dengan Allah, dan kita tidak dapat menyeberanginya. Karena tidak mampu menjembataninya, kita jatuh.

Jadi, apa yang menjadi satu-satunya jalan untuk menyeberangi jurang? Suatu jembatan, tentunya. Dan itulah Yesus bagi kita. Ia berdiri di antara jurang itu, memberikan jalan yang aman untuk berjalan kepada tangan Bapa yang penuh kasih.

Renungkanlah gambaran ini. Saat kita membayangkan diri kita tidak berdaya dan tersesat, dan surga terasa begitu jauh dan tak mungkin tergapai, barulah kita dapat benar-benar menghargai kuasa salib.

-Sentuhan Hati-

Yohanes 14:1-6
14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”
14:5 Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”
14:6 Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: