Da Words of My Jesus


Penghalang Besar | Yesaya 55:8-9
Mei 6, 2009, 8:18 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

06 Mei 2009, Rabu

Saat kita menggambarkan Yesus sebagai “Jembatan kita kepada Allah”, sangatlah alami bila kita memikirkan hal-hal yang memisahkan kita dari Bapa. Karena itu, mari kita menelaah ketiga metafora yang melukiskan penghalang di antara kita dengan Allah yang Maha Kuasa.

Pertama, kita dipisahkan oleh ketinggian. Alkitab menyebut Allah sebagai “Yang Maha Tinggi” dan menggambarkanNya dengan kata “tinggi dan menjulang”. Dia ada di atas segala ciptaan dan tidak dibatasi oleh grivitasi, waktu dan ruang. Lebih lanjut, Ia menyatakan, “Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu” (Yesaya 55:9). Tak bisa disangkal, Allah berada di atas manusia.

Kedua, kita dipisahkan oleh jarak. Musa mengalami kehadiran Allah melalui semak yang terbakar, tetapi pada saat yang kudus itu pun, Tuhan memperingatkannya untuk tidak mendekat (Keluaran 3:5). Setelah itu, saat orang Israel membangun bait dan tempat ibadah, Allah memperingatkan mereka untuk tidak memasuki tempat maha kudus, kecuali pada satu waktu tertentu setiap tahunnya, ketika hanya satu orang saja yang diperkenankan masuk. Itupun dengan persyaratan yang ketat. Jadi, ada jarak antara manusia dan Tuhan yang tidak dapat dilanggar.

Ketiga, kita dipisahkan oleh terang dan api. Kita tahu bahwa menatap langsung ke lampu sorot dapat menyebabkan kebutaan dan berdiri dekat sekali dengan api dapat membakar kulit kita.  Demikian pula, bila kita berdiri dalam hadirat Allah yang kudus, kita pun dapat hangus (Ulangan 4:24).

Mengapa Yesus datang kepada kita? Hal itu terjadi karena hanya Anak Allah yang sempurna dan tidak berdosa yang dapat menjangkau Bapa, datang dan mendekat kepadaNya, serta berdiri di dalam hadiratNya. Dan di dalam Kristus, kita dapat berbagi keintiman itu.

-Sentuhan Hati-

Yesaya 55:8-9
55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: