Da Words of My Jesus


Jurnal Pengharapan Anda | II Tawarikh 20:5-12
Mei 8, 2009, 1:34 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

08 Mei 2009, Jumat

Kemarin, kita melihat apa yang dilakukan raja Yosafat saat situasi tampaknya membuat ia tak berdaya. Hari ini, kita akan belajar prinsip lainnya dari kisah ini, selagi kita belajar bagaimana mengatasi ketidakberdayaan.

Dalam ayat 5-12, Yosafat masih berfokus pada Tuhan, yang seharusnya menjadi respon pertama kita saat kita takut. Tetapi, perhatikan apa yang ia lakukan saat berdoa. Ia tidak melihat ke depan dan menyatakan ketakutannya akan apa yang mungkin terjadi. Ia malah mengingat masa yang lampau, mengingat kembali masa-masa dalam sejarah Israel ketika Allah membawa mereka melewati situasi yang serupa.

Seberapa sering Tuhan telah melakukan karya yang ajaib bagi Anda saat semuanya seakan kacau? Secara aktif, Ia terlibat dalam hidup kita hari ini. Sayangnya, kita sering mengucap syukur padaNya saat itu juga namun kemudian melupakan apa yang Ia telah lakukan bagi kita. Kemudian, ketika kita menjadi takut lagi. Sungguh sulit mengingat bagaimana Ia telah membuktikan diriNya dalam kehidupan kita.

Inilah mengapa setiap orang percaya harus memiliki suatu jurnal. Catatan tertulis mengenai kesetiaan Tuhan. Pada saat kita merasa tak berdaya, kita ingin kekuatan yang bukan hanya berasal dari kisah tentang apa yang Allah telah lakukan dalam sejarah atau di dunia ini, melainkan dari apa yang Ia telah lakukan dalam kehidupan kita sendiri.

Mungkin perlu waktu untuk membangun disiplin menulis jurnal, tetapi pahalanya sangat besar. Mungkin Anda berkata, “Saya tidak punya waktu untuk itu.” Wah, keterlaluan sampai tidak memiliki waktu untuk menuliskan kebaikan Tuhan dalam kehidupan Anda. Saudara, Anda harus menyediakan waktu untuk itu! Saat Anda mencatat berkat yang Anda terima, Anda akan mulai memandang karya Tuhan dari perspektif yang baru. Anda akan mulai melihat bagaimana Ia menenun “benang” dalam kehidupan Anda untuk membuat suatu permadani yang indah bagi kemuliaanNya.

-Sentuhan Hati-

2 Tawarikh 20:5-12
20:5 Lalu Yosafat berdiri di tengah-tengah jemaah Yehuda dan Yerusalem di rumah TUHAN, di muka pelataran yang baru
20:6 dan berkata: “Ya TUHAN, Allah nenek moyang kami, bukankah Engkau Allah di dalam sorga? Bukankah Engkau memerintah atas segenap kerajaan bangsa? Kuasa dan keperkasaan ada di dalam tangan-Mu, sehingga tidak ada orang yang dapat bertahan melawan Engkau.
20:7 Bukankah Engkau Allah kami yang menghalau penduduk tanah ini dari depan umat-Mu Israel, dan memberikannya kepada keturunan Abraham, sahabat-Mu itu, untuk selama-lamanya?
20:8 Lalu mereka mendiami tanah itu, dan mendirikan bagi-Mu tempat kudus untuk nama-Mu. Kata mereka:
20:9 Bila sesuatu malapetaka menimpa kami, yakni pedang, penghukuman, penyakit sampar atau kelaparan, kami akan berdiri di muka rumah ini, di hadapan-Mu, karena nama-Mu tinggal di dalam rumah ini. Dan kami akan berseru kepada-Mu di dalam kesesakan kami, sampai Engkau mendengar dan menyelamatkan kami.
20:10 Sekarang, lihatlah, bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir ini! Ketika orang Israel datang dari tanah Mesir, Engkau melarang mereka memasuki negerinya. Oleh sebab itu mereka menjauhinya dan tidak memusnahkannya.
20:11 Lihatlah, sebagai pembalasan mereka datang mengusir kami dari tanah milik yang telah Engkau wariskan kepada kami.
20:12 Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu.”

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: