Da Words of My Jesus


Ketika Kekuatiran Menyerang | Filipi 4:4-9
Mei 18, 2009, 7:51 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

18 Mei 2009, Senin

   Alkitab mengajarkan kepada kita bagaimana mencegah agar kekuatiran tidak mengambil alih kehidupan kita. Saat dipenjara di Roma, rasul Paulus menulis, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus” (Filipi 4:6-7). Ia tahu bahwa ia harus memiliki damai sejahtera dan perasaan cukup, bagaimanapun keadaan yang dialaminya.

   Mengapa penting bagi kita untuk belajar mengatasi kekuatiran? Emosi seperti ini mengganggu pikiran kita dan membuat kita tidak dapat berpikir jernih dan membuat keputusan yang bijak. Produktivitas kita berkurang sebab kekuatiran menghabiskan waktu dan tenaga kita. Hubungan kita dengan pasangan, keluarga, rekan kerja dan teman jadi kacau. Kekuatiran juga dapat merintangi hubungan kita dengan Tuhan. Yesus mengatakan kepada para muridNya, “Janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai … janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari” (Matius 6:31, 34). Ketika orang percaya hidup dalam ketakutan, itu sama saja kita tidak mempercayai Bapa Surgawi akan memelihara kehidupan kita.

   Lalu bagaimana orang percaya dapat menaklukkan kekuatiran? Saran Paulus sangat sederhana. Untuk mendapatkan damai sejahtera Allah, kita harus memilih untuk berdoa dengan benar, berpikir dengan benar dan hidup benar. Apapun luka hati, rasa sakit atau kesukaran yang Anda alami, Anda bisa belajar untuk berkata seperti rasul ini, “Aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan” (Filipi 4:11). Kita dapat merasa tentram karena fakta bahwa Allah kita yang penuh kasih dan berdaulat memperhatikan anak-anakNya.

-Sentuhan Hati-

Filipi 4:4-9
4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!
4:5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!
4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
4:9 Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: