Da Words of My Jesus


Menyelamatkan Pertemanan Yang Bermasalah | Matius 5:23-24
Mei 19, 2009, 5:53 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

19 Mei 2009, Selasa

Saat kita membangun pertemanan, kita menginginkan hal itu terus bertahan. Namun, karena dua manusia berdosa terlibat di dalamnya, perasaan sakit hati dan kekecewaan mungkin sekali terjadi. Jika salah satu atau keduanya menganggap penting penghinaan yang didapat, hubungan ini bisa rusak. Memperbaiki pertemanan yang bermasalah menuntut kerendahan hati untuk mengakui kesalahan kita. Usaha untuk memperbaiki masalahnya juga perlu waktu. Namun hasilnya adalah hubungan yang diperbaharui dengan seorang teman yang berharga.

Proses untuk menyelamatkan pertemanan dimulai ketika Anda mengakui bahwa ada yang salah. Ini terjadi pada saat Anda mengatakan, “Saya rasa ada yang salah dalam hubungan kita. Saya ingin kita menemukannya dan menyelesaikan masalah itu.” Sangat membantu bila Anda bisa bekerja sama untuk memperkirakan bagaimana masalah ini bermula. Mungkin masalah itu berasal dari kesalahpahaman, konflik yang belum selesai, kesibukan satu pihak, dll.

Setelah mengetahui masalahnya, Anda harus meminta maaf untuk hal yang telah Anda perbuat. Bertanggung jawab dan berkata “maafkan saya” menunjukkan kasih dan komitmen Anda terhadap pertemanan itu. Ingatlah bahwa aspek yang penting dari permintaan maaf adalah tidak membenarkan tindakan yang salah atau menyalahkan orang lain.

Suatu permintaan maaf akan diikuti dengan ganti rugi. Tanyakan teman Anda tindakan apa yang dapat dilakukan Anda berdua untuk membangun kembali pertemanan itu. Lalu berkomitmenlah untuk mengikuti sarannya dan sesekali bertanya, “Apakah yang saya lakukan sudah benar?”

Daripada menunggu sampai pertemanan itu bermasalah, teman yang bijak akan mengambil langkah-langkah ini sesegera mungkin setelah ia menyadari bahwa ia telah menyakiti orang yang dikasihinya. Perhatian yang bersifat preventif dapat memulihkan goresan luka sebelum luka itu menjadi luka yang serius.

-Sentuhan Hati-

Matius 5:23-24
5:23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,
5:24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: