Da Words of My Jesus


Gereja Perjanjian Baru | Matius 16:13-18
Juni 30, 2009, 6:10 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

30 Juni 2009, Selasa

Kata `gereja’ sekarang seringkali dipakai tidak seperti yang dimaksudkan Alkitab. Kita cenderung menganggap gereja adalah bangunan yang ada menaranya, ibadah pagi atau sore, atau bahkan makan ala kadarnya bersama-sama. Padahal Allah sangat spesifik dengan istilah ini. Di dalam Alkitab, `gereja’ berarti satu tubuh orang percaya yang berada di bawah otoritas kepalanya, Yesus Kristus (Kolose 1:18). Firman Allah juga menjelaskan tiga tujuan gereja ini: untuk menyembah Tuhan, melayani orang percaya, dan menjangkau dunia yang belum percaya.

Fokus kita terutama harus memuliakan Allah yang hidup. Dengan mengakui siapa Dia dan memuliakan nama-Nya, kita menunjukkan kepada Bapa bahwa kita mengasihi-Nya. Mazmur 100:2-4 mendorong kita untuk “datang ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!” dan “masuk melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, dan … puji-pujian.” Dan karena untuk berbuah secara rohani, kita harus berakar pada kebenaran, tujuan kedua adalah mengajar orang percaya lain dan mendorong mereka untuk melakukan perbuatan baik (Ibrani 10:24-25; Kolose 3:16). Tujuan ketiga adalah menjangkau orang belum percaya dengan injil, agar melalui Anak Allah, mereka dapat diampuni dari dosa dan memiliki hidup yang kekal. Tuhan sendiri memerintahkan kita untuk `menjadikan semua bangsa murid-Nya, dan membaptis mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus” (Matius 28:19).

Menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamat berarti kita menjadi anggota gereja-Nya. Allah menghendaki kita bersekutu secara teratur dengan sekelompok orang percaya, untuk beribadah, saling menguatkan, mengajar dan menjangkau orang-orang yang belum mengenal Dia. Di dalam persekutuan gereja lokal, apakah Anda sedang melakukan tujuan-tujuan ini?

-Sentuhan Hati-


16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”
16:14 Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”
16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
16:16 Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
16:17 Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: