Da Words of My Jesus


Bertolong-tolongan Menanggung Beban | Galatia 6:1-2
Agustus 2, 2009, 10:41 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

03  Agustus 2009, Senin

Yesus memerintahkan orang percaya untuk melanjutkan pekerjaan-Nya di bumi ini yaitu menyampaikan kabar baik tentang anugrah Allah yang menyelamatkan (Matius 28:19). Menaati perintah ini tidak mudah jika kita menjumpai orang yang gaya hidupnya tidak menyenangkan kita. Kita sering merasa lebih nyaman berteman dengan orang yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan kita. Tetapi orang yang terhilang juga perlu dipimpin kepada pemulihan melalui teman atau sahabat Kristen.

Yesus pun bergaul dengan orang-orang yang disingkirkan masyarakat. Ia makan bersama para pemungut cukai (Matius 9:10; Lukas 19:5), dan menyampaikan berita pengharapan kepada perempuan yang berzinah (Yohanes 4:7-27). Dan kepada murid-murid maupun orang-orang Farisi yang terkejut melihat sikap-Nya, Tuhan Yesus menjelaskan bahwa, Dia “datang bukan untuk orang benar, tetapi untuk orang berdosa” (Markus 2:17).

Di Amsal 29:6, dosa digambarkan seperti jerat yang mengikat korbannya. Dengan putus asa dan bingung, si korban yang terikat erat dengannya tidak tahu bagaimana caranya membebaskan diri. Tetapi orang percaya mengetahui caranya. Dan kita perlu menyampaikan berita itu sebagaimana dikatakan Paulus: “Kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh yang lemah lembut.” (Galatia 6:1). Kata Yunani untuk ‘memimpin ke jalan yang benar’ (restore) mengacu pada kata yang berarti menata tulang-tulang, suatu proses yang sangat menyakitkan. Karena itu, kita perlu dengan lemah lembut mengarahkan orang berdosa kepada pengampunan dan kemurahan Allah, serta pertolongan Roh Kudus dalam mengatasi pencobaan.

Jika Yesus masih ada di bumi saat ini, Dia tentu melayani orang-orang yang menderita, kecanduan dan tertindas. Untuk menjadi seperti Yesus, marilah kita mendorong orang lain meninggalkan dosa supaya mereka terbebas dari cengkeramannya.

-Sentuhan Hati-

Galatia 6:1-2
6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: