Da Words of My Jesus


Membuka Kedok Guru-guru Palsu | Matius 7:15-20
Agustus 5, 2009, 8:44 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

05 Agustus 2009, Rabu

Penulis Perjanjian Baru mengingatkan tentang pengajaran palsu yang kedengarannya baik, tetapi sebenarnya menentang kebenaran. (II Timotius 4:3; I Yohanes 4:1). Orang percaya masa kini harus tetap memperhatikan peringatan ini! Pemimpin palsu bisa membelokkan kebenaran dengan halus dan sangat meyakinkan, sehingga orang Kristen yang belum dewasa bisa termakan oleh kebohongannya. Itulah sebabnya Alkitab memerintahkan kita untuk menguji pengajaran siapa pun yang hendak memimpin kita (Matius 7:20).

Guru palsu itu penipu. Ayat 15 dari bacaan kita hari ini menggambarkannya seperti serigala berbulu domba. Ia muncul di hadapan orang-orang yang ingin mengenal ‘kebenaran sejati’ tentang Allah, dengan tafsiran Alkitab yang berisi kebohongan sejati, atau campuran antara yang benar dan salah. Orang percaya bijak yang mempelajari Firman Allah, bisa mendeteksi ‘bulu domba’ yang mulai mengelupas. Makin lama serigala itu akan makin tampak, dari kehidupan pribadinya yang tidak sesuai dengan kebenaran (Matius 7:16). Pengamatan saksama terhadap berbagai keputusan, tindakan dan perkataannya akan menyingkapkan, bahwa ia tidak taat pada kehendak Tuhan atau prinsip-prinsip Alkitab.

Kehidupan dan ajaran guru palsu itu mementingkan diri sendiri. Ide-idenya yang hebat memikat keinginan daging pendengarnya. Sesungguhnya, ia sering menghalalkan tindakan-tindakan yang dilarang Alkitab. Beberapa guru palsu menggambarkan kasih karunia Allah sebagai izin untuk hidup tanpa pengendalian diri (Yudas 1:4). Paulus jelas mencela kebohongan ini; ia justru mengajar orang percaya agar mati bagi dosa dan tidak hidup di dalamnya (Roma 6:2).

Tubuh Kristus diharapkan memakai Alkitab sebagai pedoman untuk menguji perkataan dan gaya hidup para pemimpin. Jika kita mencari kebenaran ilahi, kita akan diberi kepekaan untuk mengenali pengajaran yang kudus dari pengajar yang tidak sesat.

-Sentuhan Hati-

Matius 7:15-20
7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: