Da Words of My Jesus


Mengalahkan Guru Palsu | II Petrus 2:1-3
Agustus 6, 2009, 11:43 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

06 Agustus 2009, Kamis

Pada suatu sore, dari luar sebuah toko, saya mengamati dua orang pemuda sedang menantang para pengunjung toko dengan suatu pernyataan yang salah tentang ajaran Alkitab. Orang yang tampaknya kurang paham tentang iman Kristen, diajak untuk mempelajari ‘apa yang sesungguhnya dikatakan Allah’ melalui sebuah kelas Pemahaman Alkitab. Saya tidak diajak. Orang itu langsung mengabaikan saya ketika saya memakai Firman Tuhan untuk mempertahankan keyakinan saya.

Guru palsu memunculkan ketidakpastian dalam diri pendengarnya. Agar mendapatkan banyak pengikut, ia akan membuat pendengarnya merasa, ia memiliki pemahaman yang tidak mereka miliki. Orang yang menerima informasi menyesatkan ini sebagai kebenaran mutlak, biasanya akan datang lagi kepadanya. Memiliki banyak pengikut bisa memuaskan egonya dan menunjukkan ‘bukti’ bahwa ia benar.

Orang yang memegang ajaran sehat tidak akan disesatkan. Itulah sebabnya kita perlu mendasarkan iman kita pada kebenaran Alkitab – seperti, Yesus Kristus sudah mati untuk menebus dosa manusia, Roh Kudus tinggal di dalam orang percaya, dan orang Kristen akan dibangkitkan kembali. Mengalahkan guru-guru palsu memerlukan lebih dari sekadar ‘apa kata pendeta saya …’ Ketika ditantang, kita harus mempertahankan iman kita dengan Alkitab yang sudah kita pelajari sendiri. Dengan membaca dan menerapkan Firman Allah secara teratur, kita akan lebih siap ketika dihadapkan pada ketidakbenaran.

Memegang ajaran yang sehat akan melindungi orang percaya dari ajaran yang menyesatkan, dan mempersenjatai mereka dalam mempertahankan iman. Jangan sampai Anda kedapatan tidak siap. Jika Anda belum siap, mulailah mempelajari Alkitab hari ini. Jika perlu bantuan, mintalah bimbingan pendeta atau mentor yang baik.

-Sentuhan Hati-

2 Petrus 2:1-3
2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.
2:2 Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat.
2:3 Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: