Da Words of My Jesus


Perintah Untuk Mengampuni | Matius 6:9-15
Agustus 8, 2009, 11:14 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

08 Agustus 2009, Sabtu

Kemurahan paling mudah dipahami jika sudah dialami sendiri, baik sebagai pemberi maupun penerima. Sesungguhnya, kita betul-betul bisa tak menyadari betapa berharganya karunia itu, sampai kita bisa mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Sifat manusiawi kita akan bergumul untuk memberikan pengampunan itu, sebagaimana dan sebesar kita ingin diampuni. Karena itu, ada sebuah peringatan setelah Doa Bapa Kami: Bapa tidak akan mengampuni orang yang tidak mengampuni kesalahan orang lain.

Yesus tidak berkata bahwa ’tidak mengampuni’ bisa membatalkan keselamatan kita. Jika kita menerima-Nya sebagai Juru Selamat, seluruh hutang dosa kita sudah dibayar lunas. Tetapi orang percaya pun adakalanya masih gagal berbuat benar. Sikap-sikap tidak benar ini tidak beresiko terhadap tujuan kekal kita, tetapi merusak persekutuan kita dengan Allah. Bayangkan hubungan kita dengan-Nya ibarat pipa panjang yang tersumbat oleh dosa. Doa-doa yang kita naikkan akan terhalang, demikian pula berkat yang akan dicurahkan-Nya pada kita. Karena itu, orang Kristen harus melakukan ‘pembersihan rumah’ rohani secara teratur, dengan mengakui dan bertobat dari dosa.

Kebencian terhadap orang lain akan ‘menghalangi’ persekutuan kita dengan Bapa jika kita membiarkan kegeraman menguasai hati kita. Kegeraman itu cenderung akan mendesak keluar Roh-Nya dari hati kita. Perasaan negatif juga akan merembes ke hal-hal lain dan memengaruhi pikiran, perkataan dan perbuatan kita; sehingga, pada saat kita paling membutuhkan pertolongan atau penghiburan Tuhan, kita tidak lagi bisa mengalami kuasa Roh-Nya.

Apakah pudarnya kemurahan hati menghalangi persekutuan Anda dengan Tuhan? Jika demikian, Anda punya pilihan: terus menghalangi kasih-Nya, atau berseru kepada-Nya dalam kesesakan itu. Allah akan mendengar doa itu, menyucikan hati Anda dan mengajar Anda dengan sabar untuk mengampuni.

-Sentuhan Hati-

Matius 6:9-15
6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)
6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: