Da Words of My Jesus


Di Tengah Pencobaan | Kejadian 39:6-20
Agustus 13, 2009, 2:12 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

13 Agustus 2009, Kamis

Yusuf menjadi budak selama 13 tahun, dan setelah itu keadaannya berubah dari buruk menjadi makin buruk. Ia kehilangan kedudukannya yang baik di rumah Potifar, dijebloskan ke dalam penjara karena istri majikannya itu memfitnahnya, dan harapannya untuk keluar dari penjara kandas ketika pelayan raja melupakan janjinya (Kejadian 40:14, 23). Masa depannya tampak suram.

Namun, meskipun situasi-situasinya seperti itu, Allah sedang menggenapi rencana-Nya untuk memberkati Yusuf, dan menjadikannya berkat bagi keluarganya. Yusuf adalah orang yang dipilih-Nya untuk membebaskan mereka dari kelaparan yang akan terjadi. Untuk itu, Yusuf terlebih dahulu harus belajar bahasa dan budaya Mesir, mengembangkan kecakapan sebagai pemimpin, dan dewasa secara rohani. Rencana Tuhan tergenapi semuanya.

Yusuf telah belajar dua hal penting. Pertama, Tuhan itu sahabat setia, yang memakai segala kesulitan kita untuk menyiapkan kita bagi pekerjaan-Nya. Ketika saatnya tiba, Yusuf benar-benar sudah terlatih sebagai penguasa kedua setelah Firaun, raja Mesir yang bahkan mengakui bahwa Allah menyertai Yusuf (Kejadian 41:38). Kedua, ketika rencana Tuhan digenapi, kesulitan pun berakhir. Pada waktu yang ditentukan Allah, Yusuf dibebaskan dari penjara, diberi kedudukan tinggi dan didamaikan dengan keluarganya. Meskipun masa kanak-kanaknya hilang, ia sangat diberkati dengan hidup berpusat pada kehendak Allah.

Kemalangan bisa menyakitkan, tetapi Tuhan bisa memakainya untuk mencapai tujuan-Nya dan memperlengkapi kita menggenapi rencana-Nya. Apa yang hendak diajarkan Allah di tengah pencobaan Anda? Apakah Anda mau bekerja sama dengan-Nya? Ingat, Yesus pun menderita agar dapat menggenapi rencana penebusan Allah (Matius 16:21).

-Sentuhan Hati-

Kejadian 39:6-20
39:6 Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apapun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya.
39:7 Selang beberapa waktu isteri tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: “Marilah tidur dengan aku.”
39:8 Tetapi Yusuf menolak dan berkata kepada isteri tuannya itu: “Dengan bantuanku tuanku itu tidak lagi mengatur apa yang ada di rumah ini dan ia telah menyerahkan segala miliknya pada kekuasaanku,
39:9 bahkan di rumah ini ia tidak lebih besar kuasanya dari padaku, dan tiada yang tidak diserahkannya kepadaku selain dari pada engkau, sebab engkau isterinya. Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?”
39:10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.
39:11 Pada suatu hari masuklah Yusuf ke dalam rumah untuk melakukan pekerjaannya, sedang dari seisi rumah itu seorangpun tidak ada di rumah.
39:12 Lalu perempuan itu memegang baju Yusuf sambil berkata: “Marilah tidur dengan aku.” Tetapi Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari ke luar.
39:13 Ketika dilihat perempuan itu, bahwa Yusuf meninggalkan bajunya dalam tangannya dan telah lari ke luar,
39:14 dipanggilnyalah seisi rumah itu, lalu katanya kepada mereka: “Lihat, dibawanya ke mari seorang Ibrani, supaya orang ini dapat mempermainkan kita. Orang ini mendekati aku untuk tidur dengan aku, tetapi aku berteriak-teriak dengan suara keras.
39:15 Dan ketika didengarnya bahwa aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannyalah bajunya padaku, lalu ia lari ke luar.”
39:16 Juga ditaruhnya baju Yusuf itu di sisinya, sampai tuan rumah pulang.
39:17 Perkataan itu jugalah yang diceritakan perempuan itu kepada Potifar, katanya: “Hamba orang Ibrani yang kaubawa ke mari itu datang kepadaku untuk mempermainkan aku.
39:18 Tetapi ketika aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannya bajunya padaku, lalu ia lari ke luar.”
39:19 Baru saja didengar oleh tuannya perkataan yang diceritakan isterinya kepadanya: begini begitulah aku diperlakukan oleh hambamu itu, maka bangkitlah amarahnya.
39:20 Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: