Da Words of My Jesus


Pengharapan Di Tengah Penderitaan | II Korintus 12:7-10
Agustus 19, 2009, 5:10 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

18 Agustus 2009, Selasa

Kita semua pernah mengalami saat-saat yang menekan dalam hidup ini. Musim penderitaan ini bisa disebabkan oleh sahabat yang berkhianat, kesulitan ekonomi, atau pun pencobaan-pencobaan lainnya. Tetapi sebagai anak-anak Allah, kita bisa tetap bersemangat karena mengetahui penderitaan kita tidaklah sia-sia.

Kadang penderitaan kita mendatangkan manfaat kekal bagi orang lain. Tuhan memakainya untuk menyatakan ketulusan iman kita, sehingga orang yang melihatnya tertarik kepada Anak-Nya (I Petrus 1:7). Melalui cara kita menyikapi kemalangan, kepercayaan kita kepada Yesus menjadi nyata bagi orang-orang di sekitar kita. Orang yang sudah percaya akan dikuatkan, dan orang yang masih mencari-cari akan bertanya tentang iman kita.

Pada saat lain, Allah akan memakai penderitaan untuk mengajar kita taat. Ibrani 5:8 berkata bahwa, Juru Selamat kita pun belajar taat dari hal-hal yang diderita-Nya. Tujuan lain dari kesukaran adalah untuk meluaskan pelayanan kita. Karena dipenjara, rasul Paulus bisa melayani para penjaga, sehingga banyak di antara mereka yang juga diselamatkan.

Kesulitan juga bisa menjadi alat Tuhan untuk mencegah terjadinya masalah, suatu penyakit yang tidak kita ketahui mencegah Paulus untuk tidak menjadi sombong. Ketika ketidaktaatan mengancam perjalanan kita bersama Allah, Dia akan melakukan apa saja untuk menarik kita kembali kepada-Nya. Dia mungkin akan membiarkan suatu kebutuhan tidak pernah terpenuhi, atau sesuatu yang berharga disingkirkan. Tujuannya adalah agar kita mengakui dosa kita dan kembali pada-Nya.

Kita mungkin tidak tahu mengapa kita mengalami penderitaan, tetapi pilihan paling bijak adalah tetap percaya Allah. Bagaimana pun, Dia yang sudah menyelamatkan kita dengan mengorbankan Anak-Nya, juga sudah berjanji akan memakai penderitaan kita untuk mendatangkan kebaikan yang bernilai kekal (Roma 8:28).

-Sentuhan Hati-

2 Korintus 12:7-10
12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.
12:8 Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.
12:10 Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

