Da Words of My Jesus


Hidup Yang ‘Menjadi’ | II Korintus 4:7-18
Oktober 8, 2009, 9:55 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

08 Oktober 2009, Kamis

Mungkin rintangan terbesar dalam memahami maksud Allah dengan kehancuran adalah: banyak orang percaya yang menganggap kekristenan itu sebagai sesuatu yang kita lakukan. Kita berdoa. Kita membaca Alkitab. Kita pergi ke gereja. Kita melantunkan lagu pujian. Kita memberi persembahan. Kita melakukan ini dan itu – dan menganggap itulah kehidupan kristiani. Padahal bukan begitu.

Kekristenan yang otentik lebih berkaitan dengan ‘menjadi’ daripada ‘melakukan’. Kehidupan iman yang dirancang Allah adalah, menerima Yesus ke dalam hati dan membiarkan Dia mengubah segala kebiasaan, pola pikir, kepercayaan, minat dan perhatian kita, sehingga kita makin serupa dengan Dia.

Kesadaran ini akan mengubah pandangan kita tentang penderitaan yang harus kita tanggung. Anda tahu, jika kita menyadari bahwa kehidupan kristiani adalah tentang karya Yesus yang terus-menerus “mencipta ulang” di dalam diri kita, peran kehancuran itu lebih mudah kita pahami. Proses itulah yang dipakai Tuhan untuk melucuti kita dari segala sesuatu yang sudah atau akan menjadi penghalang pertumbuhan rohani kita. Dan Dia juga memakai sarana ini untuk menyingkapkan hal-hal yang mungkin sudah “keterlaluan” bagi-Nya, seperti berbagai perilaku atau relasi tidak sehat yang kita rasionalisasikan.

Allah tidak mau hanya menjadi Tuhan atas sebagian besar hidup Anda; Dia mau menjadi Tuhan atas seluruh hidup Anda! Karena itu, Dia ‘menghabisi’ wilayah-wilayah kehendak-diri dan kepuasan-diri untuk menyingkirkan segala sesuatu di dalam diri kita yang bergantung pada ‘diri sendiri’. Dia sering memakai kehancuran untuk menyingkirkan kecenderungan itu, agar kita dapat hidup saat demi saat, hari demi hari, dengan bersandar penuh kepada-Nya.

Bukalah hati Anda, dan mintalah Allah menyingkapkan kubu-kubu pementingan diri Anda. Persilakanlah Dia menghancurkan pola-pola tingkah laku Anda yang tidak sehat.

-Sentuhan Hati-

2 Korintus 4:7-18
4:7 Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
4:8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa;
4:9 kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.
4:10 Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.
4:11 Sebab kami, yang masih hidup ini, terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus, supaya juga hidup Yesus menjadi nyata di dalam tubuh kami yang fana ini.
4:12 Maka demikianlah maut giat di dalam diri kami dan hidup giat di dalam kamu.
4:13 Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: “Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata”, maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata.
4:14 Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya.
4:15 Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.
4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: