Da Words of My Jesus


Mengejar Kekudusan | I Petrus 1:15-21
November 18, 2009, 8:04 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

18 November 2009, Rabu

Anak-anak Allah terpanggil untuk menjalani hidup yang kudus yang ditandai oleh rasa hormat mendalam kepadaNya. Salah satu motivasi yang kuat bagi hidup benar adalah salib dan apa yang dilambangkannya.

  • Pertama, salib adalah pengingat pada posisi asli kita sebagai orang terbuang, terpisah dari Tuhan oleh karena dosa.
  • Kedua, salib menunjukkan kebutuhan kita akan seorang Juruselamat. Ketetapan hukum ilahi mengatakan bahwa hukuman dosa adalah maut (Roma 6:23). Namun demikian, satu-satunya penebusan yang dapat diterima adalah pengorbanan darah yang tak bercela (Ulangan 17:1). Oleh karena kita semua berdosa, kita tidak dapat menebus dosa kita sendiri.
  • Ketiga, di atas saliblah Yesus mengambil tempat kita dan mengalami murka Allah supaya kita dapat diampuni.
  • Keempat, penyaliban menandai waktu dimana keadilan Allah terpenuhi dan kasih karunianya ditunjukkan.
  • Yang terakhir, salib menunjukkan jalan untuk berdamai dengan Tuhan dan menjadi anggota keluargaNya. Hanya melalui iman kepada Yesus Kristus, kita dapat diselamatkan (Yohanes 14:6).

Sayangnya, banyak yang telah melupakan kekudusan sebagai persyaratan Allah (ayat 15). Bukannya berpegang pada standarNya mengenai sikap dan perilaku, kita malah mempercayai nilai-nilai duniawi yang tampaknya lebih nyaman atau lebih memuaskan diri sendiri. Kita mengejar ide sekular, seperti contohnya kesenangan dan kemakmuran materi dan bukannya ide yang saleh seperti halnya hidup sebagai hamba dan taat. Tujuan-tujuan ini didorong oleh kebudayaan kita yang tidak takut Tuhan dan dengan sengaja mengabaikan peringatan dan perintahNya.

Untuk meniadakan pengaruh kebudayaan, tetaplah selalu mengingat makna salib. Maka Anda akan termotivasi untuk mengejar kekudusan untuk memuliakan Dia yang telah memberikan hidupNya untuk menyelamatkan Anda.

-Sentuhan Hati-

1 Petrus 1:15-21
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.
1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.
1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.
1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: