Da Words of My Jesus


Sukacita Ilahi | Yohanes 15:5-11
Desember 21, 2009, 5:48 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

21 Desember 2009, Senin

  Di Yohanes 15, Yesus menggambarkan relasi kita dengan-Nya seperti ranting yang menempel pada pokok anggur. Di kebun anggur, buah baru bisa dihasilkan apabila sari-sari makanan mengalir ke ranting-rantingnya. Jika Roh Kristus yang memberi hidup mengalir melalui kita, buah roh akan muncul. Di antaranya adalah sukacita ilahi (Galatia 5:22-23).

   Untuk mengalami kepuasan rohani yang mendalam, kita harus tetap melekat erat dengan Tuhan. Yesus sering menyelinap pergi agar Dia dan Bapa bisa memiliki hubungan yang intim (Markus 1:35). Dia mampu menanggung banyak penderitaan karena persekutuan-Nya dengan Allah, dan karena sukacita yang akan diterima-Nya. Rasul Paulus juga mengalami sukacita yang melimpah sekalipun di tengah penderitaan (II Korintus 7:4). Ia menggambarkan hubungan orang percaya dengan Allah seperti ini: “Hidupku bukannya aku lagi, tetapi  Kristus yang hidup di dalam aku” (Galatia 2:20).

   Sukacita akan bertambah-tambah jika kita mengikuti teladan Paulus dan terfokus pada Yesus, bukan pada diri kita sendiri atau situasi kita. Semakin kita melekat pada-Nya, semakin besar kebahagiaan rohani kita. Reaksi awal kita dalam menghadapi kesulitan mungkin putus asa atau sangat menderita. Namun jika kita memusatkan perhatian kita kepada-Nya, dan bersatu dengan Roh-Nya, kita akan kembali merasakan damai sejahtera. Ingat, Tuhan berjanji sukacita-Nya akan tinggal di dalam kita jika kita tinggal di dalam Dia.

   Betapa hebatnya kesaksian kita  jika sukacita Tuhan mengalir di dalam dan melalui kita. Yang dikerjakan Roh Kudus di dalam kita bukanlah kebahagiaan duniawi, tetapi kepuasan ilahi. Biarlah sukacita ilahi memengaruhi setiap perbuatan dan perkataan Anda.

-Sentuhan Hati-

Yohanes 15:5-11
15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
15:6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
15:8 Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”
15:9 Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.
15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.
15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: