Da Words of My Jesus


Melindungi Masa Depan Anda | Kejadian 25:27-34
Januari 5, 2010, 1:02 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

05 Januari 2010, Selasa

  Maukah Anda kehilangan warisan keluarga Anda yang jumlahnya sangat banyak hanya demi semangkuk sup? Esau melakukannya. Dalam suatu tawar-menawar yang hanya menurutkan kata hati, ia menyerahkan haknya, baik untuk memimpin keluarga maupun mendapatkan bagian besar dari kekayaan ayahnya. Dari tempat yang nyaman dimana banyak orang Kristus berada sekarang, tindakan Esau nampak bodoh. Namun jatuh ke dalam godaan seperti ini bukanlah hal yang unik. Setiap orang digoda untuk mengorbankan berkat masa depan untuk dapat memenuhi keinginan pada saat ini juga.

   Prioritas Esau tidak pada tempatnya. Alkitab mengatakan bahwa ia “mengganggap rendah” hak kesulungan, tetapi bukan berarti ia tidak menyukai keuntungan yang diperoleh karena dilahirkan lebih dulu. Kemungkinan besar, Esau tidak terlalu memikirkan posisinya saat itu – karena posisinya tidak terlalu banyak membawa kebaikan untuk hidupnya saat itu. Ia hidup dengan penuh resiko sebagai seorang pemburu. Jadi, bagaimana ia bisa mewarisi segala sesuatu jika ada hewan buas membunuhnya? Karena itu, ia lebih mementingkan kebutuhan perutnya saja.

   Ketidakmampuan Esau untuk melihat jauh ke depan tidaklah berbeda dengan beberapa skenario modern yang umum. 1) Ketika orang menukar waktu keluarga untuk lembur bekerja, mereka kehilangan kenyamanan dari keluarga yang mengasihi mereka. 2) ketika pria dan wanita mengabaikan standar pernikahan yang Tuhan buat agar mereke memegang kesetiaan, hasilnya adalah hubungan yang rusak atau hancur lebur. 3) Ketika seseorang menolak memiliki hubungan dengan Tuhan agar ia bisa tetap bisa melakukan apa yang ia inginkan, ia menukarkan kekekalan bersama dengan Tuhan.

   Apa yang menjadi ‘mangkuk sup” Anda? Pada suatu waktu, Anda akan menghadapi suatu pilihan antara keuntungan di masa depan dengan kesenangan masa kini. Jangan bertindak seperti Esau. Pertimbangkan baik-baik keputusan Anda dan carilah kehendak Tuhan.
-Sentuhan Hati-

Kejadian 25:27-34
25:27 Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah.
25:28 Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.
25:29 Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
25:30 Kata Esau kepada Yakub: “Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah.” Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
25:31 Tetapi kata Yakub: “Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu.”
25:32 Sahut Esau: “Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?”
25:33 Kata Yakub: “Bersumpahlah dahulu kepadaku.” Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.
25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: