Da Words of My Jesus


Caranya Meringankan Beban Anda | Galatia 6:1-5
Januari 26, 2010, 12:28 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

25 Januari 2010, Senin

Saat Anda mengalami kesulitan dan berbeban berat, apakah Anda segan untuk berbagi dengan orang lain? Banyak orang menganggap bahwa mencari pertolongan merupakan tanda kelemahan. Mereka salah, orang Kristen yang saleh seharusnya tidak menangani sendiri semua masalah mereka.

Galatia 6:2 mengatakan, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”. Namun demikian, 3 ayat kemudian, kita membaca, “tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri”. Terdengar seperti suatu kontradiksi. Namun demikian, jika kita sungguh-sungguh memahami arti sebenarnya dari perkataan ini, kita tidak melihat adanya ketidak-konsistenan.

Bayangkan seorang prajurit dengan tas di punggungnya. Beban itu adalah tanggung jawabnya dan ia harus menanggungnya. Sama halnya, ada beban-beban tertentu yang harus ditanggung oleh setiap kita. Namun apapun pencobaan yang kita hadapi, tanggung jawab kita adalah untuk memuliakan Kristus dengan kehidupan kita. Karakter, percakapan dan tingkah laku kita harus merefleksikan Yesus. Itulah beban yang ditulis Paulus dalam Galatia 6:5, “Tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri”.

Pasal yang sama juga berbicara tentang beban dosa. Kita harus memikul tanggung jawab kita seperti pasukan tentara yang baik dan melakukan seperti yang diperintahkan dalam Galatia 6:2, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu!” Orang percaya haruslah mengarahkan orang lain kepada Kristus sehingga Ia dapat membebaskan mereka dari ikatan dosa. Namun untuk melakukannya, kita sendiri harus terlebih dahulu benar di hadapan Tuhan. Barulah kemudian kita dapat menunjukkan dengan kasih kepada orang lain bagaimana untuk dibenarkan di hadapan Tuhan. Tidak ada kontradiksi pada kedua ayat ini – ini adalah suatu ilustrasi yang indah tentang bagaimana hidup kita dapat meninggikan Dia yang telah menyelamatkan kita.


-Sentuhan Hati-

Galatia 6:1-5
6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.
6:3 Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri.
6:4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain.
6:5 Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: