Da Words of My Jesus


Masalah Konsistensi | II Timotius 3:14-17
Februari 15, 2010, 11:44 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

15 Februari 2010, Senin

Menunjukkan “ketidaksesuaian” sudah lama menjadi hiburan yang populer di kalangan para kritisi Alkitab. Yang menyedihkan, beberapa orang berpengaruh pun ada yang beranggapan bahwa, bagian-bagian Alkitab hanyalah kata-kata biasa.

Para kritisi ini tentu saja tidak dapat sepakat tentang bagian-bagian yang dianggapnya tidak tepat. Ada yang menghilangkan kalimat di sana-sini, ada juga yang mengabaikan seluruh kitab. Ini membuat orang percaya di bangku gereja menjadi bingung untuk membedakan antara Firman Allah dan pendapat penulisnya. Siapa yang dapat dipercaya? Saya punya jawabannya: Percayailah Allah sebagai otoritas tertinggi. Sang Penguasa alam semesta tak pernah mengalami kesulitan menjaga kemurnian Alkitab.

Membaca Alkitab sebagai satu kesatuan akan menunjukkan bahwa setiap bagiannya konsisten atau sesuai dengan bagian lainnya. Allah memang membiarkan perbedaan sudut pandang dan latar belakang para penulisnya, yang kadang menampakkan ketidaksesuaian.  Tetapi penelitian yang lebih mendalam selalu menyingkapkan, betapa berbagai bagian itu cocok satu sama lain. Contohnya, renungkan empat sudut pandang kitab injil tentang satu kisah. Matius yang menulis untuk orang Yahudi, lebih menekankan sejarah dan penggenapan nubuat tentang Mesias. Sementara Yohanes menuturkan kisah cinta Juru Selamat yang rela mati untuk dunia. Meskipun kedua penulis itu sama-sama pernah hidup bersama Yesus, perspektif mereka berbeda. Namun pada dasarnya, mereka dan kedua penulis injil lainnya bersesuaian.

Orang percaya harus meyakini konsistensi Kitab Suci. Buku yang tidak sempurna hanya bisa dihasilkan oleh tangan manusia, tetapi Alkitab adalah Firman Allah yang berkuasa. Roh-Nyalah yang berbicara, tak peduli siapa pun yang menuliskan pesan itu.

-Sentuhan Hati-

2 Timotius 3:14-17
3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: