Da Words of My Jesus


Pentingnya Ketajaman Untuk Membedakan | Matius 3:1-12
Maret 30, 2010, 12:01 pm
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

30 Maret 2010, Selasa

Kita sangat memerlukan pertolongan Tuhan untuk memutuskan kebenaran dan realita di dalam dunia yang dipenuhi dengan hal-hal yang membingungkan dan tipu muslihat.

Yohanes Pembaptis adalah seseorang dengan ketajaman hikmat yang luar biasa. Pengkhotbah yang berpenampilan buruk dan kasar ini masuk ke tengah-tengah agama Yahudi ortodoks yang tenang dan serius, dan ia membawa suatu pesan yang mengguncang seluruh bangsa Yahudi. Tugas Yohanes ialah untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Mesias. Yang ia harus katakan hanyalah: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”(Matius 3:2).

Saat orang banyak berkumpul untuk mendengarkan nabi yang unik ini dan bertobat dari dosa mereka, Yohanes mengetahui bahwa beberapa dari mereka hanya menipu. Orang Farisi dan Saduki datang untuk memeriksa dirinya, bukan untuk bertobat. Mereka menyembunyikan kenyataan di balik penampilan agamawi.

Roh yang tajam untuk membedakan selaras dengan Roh Tuhan. Selagi Yohanes hidup dalam ketaatan kepada Tuhan, ia memperoleh wawasan yang melampui apapun yang berasal dari pikirannya sendiri.

Ia melihat suatu situasi dari perspektif Tuhan dan memberikan teguran keras kepada “keturunan ular beludak” (ayat 7). Meskipun kita tidak akan pernah blak-blakan seperti Yohanes, akan ada saat ketika roh kita memiliki ketajaman untuk membedakan hal semacam itu.

Bapa menghendaki anak-anakNya untuk membangun ketajaman rohani sehingga dapat waspada terhadap tipu muslihat. Kita harus tahu bagaimana mengenali filosofi yang salah dan doktrin yang sesat yang diam-diam masuk ke dalam gereja. Selain itu, wawasan ilahi dapat melindungi kita juga dalam hubungan kita dengan sesama dan bahkan menolong kita untuk melihat kebenaran tentang diri kita sendiri.

-Sentuhan Hati-

Matius 3:1-12
3:1 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan:
3:2 “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”
3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: “Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.”
3:4 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.
3:5 Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan.
3:6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.
3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: “Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?
3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.”

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: