Da Words of My Jesus


Karunia Roh Kudus | Kisah Para Rasul 2:37-39
Mei 14, 2010, 4:19 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

14 Mei 2010, Jumat

Karena teologi yang dangkal, maka terdapat beberapa kebingungan mengenai Roh Kudus di dalam jemaat modern. Kemarin, saya menjelaskan perubahan peran Roh Kudus di Perjanjian Lama yang memberikan kuasa jangka pendek menjadi peranNya yang permanen dimana Ia tinggal di dalam setiap orang percaya – yang dimulai saat terjadi keselamatan.

Sayangnya, banyak orang kristen berasumsi bahwa tinggalnya Roh Kudus adalah suatu peristiwa yang terjadi selama beberapa waktu setelah seseorang diselamatkan. Pertanyaan “Sudahkah Anda memiliki Roh Kudus?” masih terus ditanyakan, seolah-olah bahwa menerima Yesus dan didiami Roh Kudus adalah peristiwa yang tidak berkaitan.

Inilah kebenarannya: Roh Kudus langsung tinggal tetap di dalam seorang percaya saat ia diselamatkan. Kita tidak perlu berdoa agar Ia datang atau menghadiri kebaktian khusus. Di saat kita beriman kepada Yesus, RohNya datang untuk tinggal di dalam kita selamanya. Alkitab dengan jelas mengatakan apa yang terjadi: 1) kita mendengarkan Injil; 2) kita percaya kepada Injil; 3) kita dimateraikan di dalam Kristus oleh RohNya (Efesus 1:13).

Dalam Yohanes 14:6, Yesus berkata tentang Roh Kudus, “Bapa… akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.” Itu berarti Ia akan tinggal tetap. Semua bahasan tentang “memperoleh Roh Kudus” yang berulang kali dikumandangkan adalah teologi yang dangkal. Hal itu didasarkan pada Perjanjian Lama namun tidak berlaku pada Perjanjian Baru yang dimiliki orang percaya bersama Allah melalui Yesus Kristus.

Roh Kudus tinggal tetap di dalam orang Kristen. Ini adalah hal yang penting, karena tanpaNya, mustahil untuk melayani Tuhan dengan berhasil atau dengan bersukacita. Begitu Anda memahami kebenaran yang mendasar ini, iman Anda akan bertumbuh. Anda akan mengetahui bahwa daripada berusaha untuk “mendapatkan Roh Kudus”, Anda harus hidup sebagai orang Kristen yang dipenuhi oleh Roh Kudus.

-Sentuhan Hati-

2:37 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?”
2:38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.”

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: