Da Words of My Jesus


Panggilan Untuk Hidup Saleh | Roma 12:1-2
Mei 16, 2010, 9:34 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

16 Mei 2010, Minggu

Tuhan memanggil setiap orang percaya untuk hidup saleh. Itu berarti bahwa orang Kristen harus menaati, mengasihi dan melayani Tuhan sebagai hal yang mendasar. Hidup yang saleh tidaklah berarti tidak jatuh ke dalam dosa. Namun kekekalan harusnya menjadi prioritas hati kita melebihi kesenangan duniawi yang sementara.

Dalam 11 pasal pertama kitab Roma, Paulus menuliskan tentang keselamatan, hidup Kristiani yang berkemenangan dan rancangan akhir Tuhan bagi Israel. Dalam pokok bacaan kita, Roma 12:1-2, pada intinya mengatakan bahwa oleh karena kasih karunia Tuhan kepada kita – yang dijabarkan dalam pasal-pasal sebelumnya – setiap orang percaya harus menjawab panggilan Bapa untuk menjalani hidup yang saleh. Ia menekankan bahwa setiap orang percaya harus mempersembahkan tubuhnya sebagai korban yang hidup dan kudus. Yang Paulus maksudkan adalah diri orang itu seluruhnya, bukan hanya fisiknya. Dengan kata lain, pikiran Anda, kehendak Anda dan emosi Anda harus diserahkan kepada Tuhan.

Orang percaya tidak lagi memiliki hak untuk mengatur hidupnya sendiri. Kita diciptakan untuk melakukan maksud Tuhan dan Ia memiliki suatu rancangan bagi setiap orang. Namun, kita masih harus membuat pilihan untuk menyerahkan kendali hidup kita kepadaNya. Itulah mengapa Paulus mengatakan “korban” (atau pengorbanan). Bila kita mau menyebut diri kita sebagai pengikut Yesus, maka kita harus mengijinkan Dia untuk mengambil alih hidup kita. Jangan sampai kita mengambil kembali kendali yang kita telah serahkan kepada Dia.

Jadi, kunci untuk menjalani hidup yang saleh adalah penyerahan total. Itu artinya kita harus mengijinkan Tuhan untuk memegang kendali seluruhnya atas kita. Apakah ada sesuatu dalam hidup Anda yang tidak berkenan kepada Tuhan? Mungkin kebiasaan dosa, pikiran kita yang tidak berkenan kepada Tuhan atau suatu hubungan dengan orang lain yang merintangi perjalanan kita bersama dengan Dia. Atau mungkin Anda hanya harus menyediakan waktu kembali untuk bersekutu dengan Bapa surgawi. Tuhan sedang mencari orang-orang yang setia, yang akan berdiri teguh demi kebenaran di dalam dunia yang sangat membenci injil. Daripada mendasarkan standar Anda pada opini populer, ijinkanlah Firman Tuhan membuat standar nilai Anda. Doa saya adalah agar Anda mau menjawab panggilan Bapa untuk hidup yang saleh.

-Sentuhan Hati-

Roma 12:1-2
12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: