Da Words of My Jesus


Membangun “Filter Kebenaran” | II Timotius 4:2-5
Juni 15, 2010, 10:22 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

15 Juni 2010, Selasa

Penipuan, setengah kebenaran, dan pemutarbalikan sudah sedemikian menyatu dengan budaya modern sehingga antara fakta dan fiksi sudah sulit dibedakan lagi. Entah kita mendengar siaran iklan, diskusi politik, atau berita televisi, ada baiknya kita tidak langsung memercayai yang kita dengar.

Terkadang ketidakbenaran itu sangat jelas, tetapi terkadang sulit dideteksi, apalagi jika pernyataan-pernyataan itu datang dari orang yang berkarisma atau terkenal. Karena orang Kristen juga – seperti halnya semua orang – bisa disesatkan dengan mudah, maka adanya sistem kepercayaan yang kuat yang didasarkan pada Firman Tuhan sangatlah penting. Kita harus menyaring semua informasi yang kita terima dengan “filter kebenaran” ini agar ketidakbenaran itu tidak tertanam di dalam jiwa kita.

Meskipun ketidakjujuran bisa membingungkan, kita tak perlu terkejut mengetahui betapa banyaknya yang sudah melakukan hal itu – atau kita sendiri termasuk di dalamnya. II Petrus 2:1-3 mengingatkan, “Di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan,… Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka.”

Tetapi orang percaya tidak perlu takut. Kita bukan saja dapat  “memprogram” filter kita dengan kebenaran Firman Allah; kita juga didiami oleh Roh Kudus yang disebut Yohanes sebagai “Roh Kebenaran”. Jika kita menyerahkan kendali hidup kita kepada-Nya, Dia akan menolong kita membedakan yang benar dari yang palsu.

Kepercayaan Anda memengaruhi karakter dan segala keputusan Anda. Jangan biarkan jiwa Anda disusupi oleh selain yang suci dan benar. Anda tidak cukup hanya mendengar khotbah pendeta atau membaca buku-buku tentang Tuhan; bangunlah dasar kebenaran dengan menyediakan waktu khusus untuk mempelajari Firman Allah – dan menikmati hadirat-Nya – setiap hari.

-Sentuhan Hati-

2 Timotius 4:2-5
4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.
4:5 Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: