Da Words of My Jesus


Prajurit Yang Baik Melayani | II Timotius 2:22-26
September 29, 2010, 8:25 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

29 September 2010, Rabu

Prajurit yang baik adalah seorang hamba. Selain membela negaranya dalam situasi perang, ia terpanggil untuk membantu rakyatnya, membebaskan yang tertawan dan menjaga hubungan yang baik dengan atasannya. Sama halnya, tugas seorang prajurit Kristen harus menjaga mereka yang bekerja berdampingan dengannya.

Prajurit Kristen melindungi kesatuan jemaat. Jemaat terpecah oleh karena berbagai masalah, baik penting maupun sepele. Sayangnya, kebanyakan perpecahan terjadi karena peperangan diantara orang-orang yang seharusnya saling membantu dalam bertempur melawan Musuh yang sama. Paulus memperingatkan orang percaya untuk tidak bertengkar satu sama lain. Sebaliknya, kita harus menjembatani perbedaan dengan kebaikan dan menunjukkan kesabaran saat kita disakiti. Lebih dari itu, teguran yang bersifat sensitif dan penuh kasih seringkali meredakan amarah dan membersihkan luka yang ada pada jemaat. Barulah pemulihan dapat terjadi.

Prajurit Kristen menyelamatkan mereka yang terpenjara oleh dosa. Teguran yang lembut juga bermanfaat saat berbicara dengan sesama orang percaya yang terjerat oleh Iblis. Sama halnya dengan para pria dan wanita dalam satu unit kesatuan saling menjaga, kita pun harus peduli dengan saudara-saudara seiman kita. Atau sebagaimana Paulus menjelaskan, kita perlu ”menegor mereka yang hidup dengan tidak tertib, menghibur mereka yang tawar hati, membela mereka yang lemah” (I Tesalonika 5:14). Perintah yang kita terima adalah untuk merefleksikan pribadi Yesus kepada dunia, dimulai dari satu sama lain.

Ini adalah hal-hal yang seharusnya dilakukan orang percaya satu sama lain. Namun, prioritas utama seorang prajurit sekaligus hamba ini adalah memiliki sikap yang kudus. Perlakukan sesama pejuang rohani lainnya sebagaimana Kristus memperlakukannya. Untuk menjaga hati dan pikiran Anda tetap benar, Anda harus tetap berada di dalam Firman Tuhan  membaca, mempelajari dan menjadikan prinsip-prinsip-Nya sebagai prinsip hidup Anda.

-Sentuhan Hati-

2 Timotius 2:22-26
2:22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.
2:23 Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran,
2:24 sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar
2:25 dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,
2:26 dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: