Da Words of My Jesus


Respons Yang Baik Terhadap Kemarahan | Amsal 14:29; 16:32
Oktober 18, 2010, 7:19 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

18 Oktober 2010, Senin

Kita hidup di dunia yang sudah rusak, dengan dosa yang semakin merajalela, ketidakadilan merupakan hal umum, dan banyak konflik. Dengan demikian ada banyak peluang bagi kita untuk berbuat dosa dalam kemarahan kita. Namun, meskipun kita mungkin tak dapat mengubah banyak situasi, kita dapat mengubah respons kita dalam menghadapinya.

Situasi-situasi seperti kesulitan ekonomi, bencana alam, berbagai tekanan dunia bisa membuat kita frustrasi, tetapi bermasalah dengan orang lain bisa mendatangkan tantangan yang lebih besar bagi pribadi kita. Ketika disakiti oleh perkataan atau tindakan seseorang, kita mungkin tergoda untuk melontarkan kata-kata pedas atau tajam serta menahan geram. Tetapi, sebagai orang percaya, kita harus mengikuti teladan Yesus: “Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; … tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil” (I Petrus 2:23).

Ayat-ayat dari kitab Amsal hari ini menekankan pentingnya tidak cepat marah. Terutama ketika kita menghadapi serangan melalui kata-kata. Mendengarkan dengan tenang akan mencegah kita berkata kasar, dan memberi peluang kepada kita untuk meminta pertolongan Tuhan agar dapat bereaksi seperti Kristus.

Jawaban yang tenang dan lemah lembut dapat meredam situasi yang panas, tetapi, tanpa mengambil waktu untuk memproses yang dikatakan, tidak banyak dari kita yang bisa menjawab dengan bijaksana. Orang yang tidak cepat marah bisa mengenali situasi dan motif-motif tersembunyi, yang tidak pernah dapat dipahami oleh orang pemarah.

Respons semacam ini memang tidak biasa karena diteladani oleh Orang luar biasa. Untuk menjadi seperti Yesus, prioritas-prioritas perlu diubah. Kasih dan pengertian harus melebihi keinginan untuk mempertahankan diri sendiri; memelihara relasi harus lebih diutamakan daripada melindungi hak-hak kita. Biarkanlah Kristus yang menjadi Pembela dan Pelindung Anda.

-Sentuhan Hati-

Amsal 14:29
14:29 Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.
Amsal 16:32
16:32 Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

 


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: