Da Words of My Jesus


Pesan Yang Kita Sampaikan | Efesus 4:29
November 22, 2010, 1:21 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

22 November 2010, Senin

Perkataan adalah alat yang sangat berkuasa. Perkataan bisa membangun, akan tetapi bisa juga menjatuhkan seseorang. Kita tidak dapat ceroboh mengatakan apapun yang kita inginkan dan kemudian mengharapkan untuk segera dimaafkan demi memulihkan semua luka. Bahkan, perkataan yang disampaikan dengan tergesa-gesa dapat sangat melukai hati seseorang. Tentu saja, tidak semua pesan yang kita sampaikan berbentuk verbal. Ekspresi wajah dan bahasa tubuh dapat menyampaikan sikap penerimaan atau penolakan, suka atau tidak suka, mengasihi atau membenci. Terkadang, kehadiran kita saja bisa menyampaikan pesan yang sangat kuat.

Rasul Paulus mengajarkan orang percaya, ”Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia” (Efesus 4:29). Artinya bukan hanya kita harus menghindari untuk mengucapkan kata-kata kutuk, melainkan apa yang kita katakan seharusnya memberkati orang lain. Kata-kata memiliki kuasa yang luar biasa – kita semua adalah produk dari apa yang dikatakan orang lain mengenai diri kita. Orangtua, guru, figur pemimpin lainnya dan teman kita telah menguatkan atau mengecilkan hati kita melalui perkataan mereka.

Bila Anda seorang ibu atau ayah, Anda harus berhati-hati untuk mengatakan perkataan yang benar kepada anak-anak Anda. Akan tetapi bukan itu saja, Anda harus berhati-hati dalam menyampaikan hal-hal non verbal kepada mereka. Contohnya, bila anak Anda ingin berbincang dengan Anda saat Anda sedang menonton TV, dan kemudian Anda berkata kepadanya, ”Jangan sekarang. Memang kamu tidak lihat bahwa saya lagi bersantai?” Anda sedang menyampaikan pesan yang sangat kuat tentang nilai anak itu bagi Anda. Ia akan belajar bahwa ia tidak lebih penting daripada program TV.

Apa yang Anda sampaikan kepada anak Anda, akan mempengaruhi moral dan keyakinan mereka juga. Karena itu, bangun dan kuatkan anak-anak Anda dengan hal-hal yang dari Tuhan. Katakan kepada mereka bahwa mereka diterima, dikasihi, dilindungi dan mampu oleh karena Kristus. Mintalah Tuhan untuk menolong Anda menguatkan anak-anak menjadi seperti yang Tuhan kehendaki.

-Sentuhan Hati-

Efesus 4:29
4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

 


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: