Da Words of My Jesus


Panggilan Untuk Bertobat | Ibrani 4:13-16
Oktober 21, 2011, 6:08 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

17 Oktober 2011, Senin

Seberapa sering Anda terjebak dalam “siklus rasa bersalah”? Anda mengakui dosa lama yang sama, mengungkapkan penyesalan kepada Allah, dan berjanji tidak mengulanginya lagi – tetapi kemungkinan Anda lalu melakukannya lagi. Dan siklus itu pun berulang lagi. Anda sudah diampuni berulang kali, tetapi tetap saja tidak mengalami kemenangan. Padahal ada janji Alkitab yang mengatakan, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (I Yohanes 1:9).

Sahabat, Allah tidak ingkar janji. Manusianya lah yang gagal – kita telah membuat pengakuan dosa kita menjadi semacam ungkapan hafalan atas kelemahan-kelemahan kita. Aku kecewa padadiriku sendiri, tetapi aku lemah dan Tuhan mengetahui hal itu. Pengakuan dosa yang tulus berarti sepaham dengan Tuhan tentang dosa, dan hal ini tidak bisa dipisahkan dari pertobatan; keduanya ibarat dua sisi mata uang. Bertobat  adalah berbalik dari kesalahan.

Dengan memandang dosa kita dari sudut pandang Tuhan,  kita akan melihat suatu kebiasaan buruk dan jahat  dengan segala akibatnya yang mengerikan, sehingga kita ingin menjauhkan diri dari hal itu secepat mungkin!

Praktisnya, mengaku dosa dan bertobat memerlukan keputusan yang sungguh-sungguh untuk berkata, “Dengan kuat kuasa Roh Kudus, aku bertobat.” Iblis akan tetap menggoda Anda, dan kegagalan masih mungkin terjadi. Namun Tuhan mampu mematahkan belenggu dosa Anda, dan Dia mau memerdekakan Anda.

Kemenangan dapat dialami langsung, tetapi dapat pula melalui proses pergumulan antara memilih yang benar dan yang salah. Dalam kasus tertentu, pencobaan bisa berupa dosa kebiasaan yang sulit dilepaskan. Karena itu, kita perlu menghadapi setiap hari dengan kekuatan Tuhan. Jika Anda mau meninggalkan dosa, kuasa Tuhan akan menolong Anda.

-Sentuhan Hati-

Ibrani 4:13-16
4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.
4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.
4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: