Da Words of My Jesus


Menghentikan Dosa Yang Sudah Biasa | Efesus 6:10-11
Desember 2, 2011, 9:54 am
Filed under: Moment of Peace, Sentuhan Hati | Tag: ,

02 Desember 2011, Jumat

Iblis akan mencari titik-titik kelemahan orang percaya untuk dijadikan bentengnya. Begitu benteng berdiri, ia tahu orang yang bersangkutan akan membenarkannya, mempertahankannya, dan terus menambahkan batu bata dosa lagi setiap kali. Daya tarik dosa begitu kuat sampai kita akan kembali melakukannya lagi sekalipun kita baru saja mengakui dosa itu di hadapan Tuhan. Iblis berbisik, “Sekali lagi tidak apa-apa,” dan kita pun kembali jatuh ke dalam pencobaan.

Seperti halnya para prajurit di abad-abad pertengahan berperang di benteng-benteng batu yang tinggi, benteng dosa pun biasanya merupakan medan pertempuran. Kita mungkin mengira peperangan ini hanyalah antara Tuhan dan Iblis, tetapi sebenarnya tidak. Tuhan tentu bisa saja merobohkan benteng Iblis dengan sekejap. Tetapi, peperangan terjadi di dalam roh kita: Apakah kita mau Tuhan menghancurkan kebiasaan kita atau tidak?

Menghentikan dosa yang sudah menjadi kebiasaan itu sulit sekali. Karena si pendosa juga mendapatkan kenyamanan, kesenangan, dan/atau kepuasan dengan melakukannya. Namun, di ujung semua ini akhirnya hanyalah rasa bersalah, malu dan putus asa, yang membuat orang berseru minta tolong. Sayangnya, Tuhan yang kudus tidak dapat menyucikan dosa sampai orang itu benar-benar bertobat. Pertobatan sejati berarti orang percaya memandang dosa sebagai kejahatan dan akan menjauhinya. Dan ia akan menjauhinya sesering yang diperlukan – satu kali, seratus kali, atau setiap hari sepanjang sisa hidup kita.

Berpikir untuk menghentikan kebiasan berdosa saja sudah membawa sebagian orang ke tepi jurang keputusasaan. Mereka ingin bebas dari belenggunya, tetapi pemikiran tentang melawan godaan membuat mereka merasa lemah. Namun ada kabar baik: kuasa Roh Kudus cukup untuk membuat orang percaya menjauhi dosa. Dan itu termasuk Anda.

-Sentuhan Hati-

Efesus 6:10-11
6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.
6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: